Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Cara Unik Belajar Tanpa Mesti Kuliah Lagi




Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak cuma kangen dengan sahabat-sahabat atau momen asyik lainnya, tapi kamu juga pasti rindu belajar dan menerima ilmu baru. Bisa kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, namun enggak seluruh dari kita bisa kembali ke kursi kuliah sebab alasan tertentu. Tetapi enggak melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya bukan berarti kau enggak bisa terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kau bisa mendapatkannya dengan mudah di era digital ini. Berikut sistem-sistem unik untuk belajar tanpa wajib kuliah lagi yang bisa kau terapkan!

7 Cara Unik Untuk Belajar Tanpa Patut Kuliah

#1. Mendengarkan podcast
Untuk kamu cewek yang sibuk berprofesi, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di jeda-jeda kesibukanmu. Kau bisa mengatasi dilema itu dengan mendengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, berkhasiat, dan dapat menambah ilmumu, lalu kau bisa mendengarkannya ketika berada di kendaraan lazim menuju kantor atau di ketika jam makan siang.

#2. Update informasi dan tren terupdate
Ini mungkin terdengar sepele, tetapi enggak ada yang lebih bikin kamu terlihat trampil dan knowledgeable selain up-to-date dengan berita dan tren terkini yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu dikala bermain telpon seluler untuk membuka portal berita dan baca informasi tiap-tiap pagi untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Turut seminar atau pelatihan
Kamu berkeinginan menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kau ingin memacu passion kau di luar profesi kantoranmu? Dapat! Kini sudah banyak sekali pelatihan atau seminar yang dapat kau ikuti layak dengan minatmu. Dijamin kamu akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube memiliki banyak konten menarik yang bisa bikin kau nyaman duduk di sofa seharian sambil memperhatikan ke layar ponselmu. Sebaiknya pakai waktumu dikala membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kamu akan dapat banyak pembelajaran lantas dari ponselmu, tanpa seharusnya beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang dapat menambah ilmumu.

#6. Ikut komunitas
Ilmu yang paling fresh adalah ilmu yang kita bisa secara lantas dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan kelompok sosial lokal. Enggak hanya kamu bisa memperluas pergaulanmu dengan bertemu orang baru, tapi kau juga dapat belajar atau mendengar langsung dari orang-orang kelompok sosial tersebut.

#7. Kursus online
Kalau kamu yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa seharusnya kuliah, membikin rumusan, atau melaksanakan tugas lagi seperti masa kuliah, tapi enggak mau duduk di kelas, kamu bisa mengambil kursus online. Telah tersedia banyak banget loh, kursus online yang gratis atau berbayar. Pastinya mempermudah kamu yang berharap memperoleh akta akademis legal tanpa sepatutnya kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait Tentang leerebookes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *